Betulkah wajah bulan selalu nampak sama dari bumi?

September 10, 2007

+ :: BOL? Apakah posisi wajah bulan ke bumi selalu sama?
Seperti yg diceritakan oleh … , …, …., …, … (sensor aje drpd nambah musuh 🙂 )

– :: Hmm…. Kalo menurut logikaku sih (*ingat hanya logikaku! Jadi pasti banyak salahnya lha wong aku sama sekali nggak ahli dalam ilmu fisika), daya tarik gravitasi yg kuat dr bumi thd bulan, dan gaya gravitasi yg kuat dari matahari thd bumi dan bulan tentunya bisa memaksa bulan untuk selalu menghadap ke bumi, jadi ada sisi wajah bulan yg selalu menghadap kebumi, dan ada sisi wajah bulan yg lain, yg menghadap ke tempat lain (non bumi). Mungkin dianalogikan sbg kapal aja ya, Anggap aja bagian kapal paling bawah itu yg menghadap ke bumi dan bagian kapal yg menghadap ke atas itulah yg menghadap ke matahari. (* perumpamaan yg mungkin saja konyol)

+ :: Loh? BOL? Apakah itu artinya wajah bulan akan terlihat seperti gambar di bawah ini?

wajah bulan?

– :: Wah? sepertinya tdk mutlak seperti itu BOL, kayaknya bulan nggak akan terpaku di antara gaya gravitasi bumi, dan benda2 yg memiliki gaya tarik lain diangkasa hingga sampai sama sekali nggak bisa bergerak.
+ :: Lha terus?
– :: Bulan tentu saja bergerak BOL, berputar dalam satu buah poros tertentu (krn bulan pasti punya poros), jadi kemungkinan besar wajah bulan yang menghadap ke bumi akan seperti di bawah ini.

wajah muter

+ :: Oh.. Apakah memang secepat itu gerakannya?
– :: Wah utk yg satu ini aku lagi2 angkat tangan, (*mungkin bisa update kali.)
+ :: Wah tambah buntet aku
– :: 😀 *aku td jg asal omong kok, semua berdasar pengamatanku yg bodoh ini thd foto2 bulan, mungkin lebih jelasnya lihat aja hasil foto2 yg diambil oleh teman2 kita di fotografer.net semua di ambil dr bumi Indonesia
+ :: Oh ada toh? Tunjukkan… Tunjukkan…

rotasi bulan?

+ :: Oh iya ya, wajah bulan ternyata berputar tapi tetap menghadap ke bumi, jadi tanda merah itu ternyata menunjukkan bagian wajah bulan yg berputar. Oh IC IC teorimu menarik BOL….
– :: Menarik BOLmu, ini cuman teoriku tanpa dasar ilmu fisika sama sekali.  BTW gambar wajah bulan yg lain ada koq di bagian ini

Semua teks miring dgn tanda * adalah sebuah teori dr orang yg cukup bodoh, hanya bermodal informasi dr logika yg mungkin ngawur, browsing, dan karya2 hebat dr www.fotografer.net yang sangat jujur menunjukkan foto2 tanpa editing (secara jujur menunjukkan noise). Dalam sebuah proses ‘belajar’ kadang kita perlu jujur pada diri sendiri, menunjukkan kelemahan kita agar bisa mendapatkan masukan dr teman2 amatir atau bahkan profesional lainnya, karena pujian2 hanya akan membuat seseorang menjadi sombong dan lupa.

Urut berlawanan arah jarum jam adalah karya dr Peny Pujiati (erg ehm, ini peny yg itu kan?), Dimas Mahardhika, Indra Gunawan (hehe LAN-nya masih sering error boss?), Iwan Samuel, Judhi Prasetyo (Digital Imaging), Harlim.

+ :: BOL aku boleh bantu? setelah kemaren browsing aku nemukan ini. mudah2an setelah ini kamu bisa tidur nyenyak lagi….ya!! amin…

rotasi bulan

rotasi bulan 2 thp porosnya

– :: Oh itu ya? 🙂

*)
Semoga informasi yg kusampaikan ini benar…. Bukan wilayah pengetahuanku sih
Kalo toh salah pasti akan ada yg bantu membenarkan, bukan begitu?
dan mohon maaf sebesar-besarnya krn menampilkan karya2 keren dr fotografer.net ini tanpa ijin dahulu.

One Response to “Betulkah wajah bulan selalu nampak sama dari bumi?”

  1. hariadhi Says:

    Anda yakin yang di fotografer.net itu bukan gara2 fotografernya ngambil dengan sudut pandang miring?

    superdeuthman said : kemungkinan itu ada..

    http://en.wikipedia.org/wiki/Eclypse
    http://en.wikipedia.org/wiki/Moon

    Yang bikin wajah bulan selalu sama menghadap bumi ya justru karena rotasinya itu.

    superdeuthman said : silahkan lihat 59% wajah bulan bisa dilihat dari bumi


Tinggalkan komentar