Merubah EXIF? Merubah Metadata? Bisakah?

September 3, 2007

CASE

  1. Layakkah Metadata dijadikan bukti kepemilikan sebuah foto, atau bukti keaslian sebuah foto?
  2. Lalu Sulitkah melakukan pengecekkan/melihat EXIF or metada dr sebuah gambar bitmap?
  3. Kemudian bisakah metadata di sunting?


hmmm…!

  1. Sudah tidak layak lagi, krn bukti itu sudah bisa dimanipulasi!
  2. dan 3. gampang… Dan gak perlu tuh minta bantuan Pakar kita Roy Suryo, nanya ama ‘sibijak’ google pasti akan dijawab. Contoh kasus di bawah ini….

exif kah?
Lakukan aja langkah di bawah ini:
*) cr ini berjalan menggunakan windows XP biasa2 saja, tanpa software tambahan apapun

1. klik kanan gambar
2. Pilih Properties
3. Lalu pilih TAB Summary
4. Pilih Advanced di bawah itu loh
5. tralaaaa….
munculah barisan informasi metadata itu, seperti gbr di atas itu 🙂

BTW kok ada informasi Creation Software dari Adobe Photoshop CS2 BOL?
Sederhana artinya file sudah disunting menggunakan program tersebut….
Bisa saja hanya sekedar dirubah ukurannya BOL

editing exif

Nah, kalo gambar di atas itu sudah betul2 diedit…

Tuh khan EXIF bisa di edit… LOL

Gambar kedua sengaja menggunakan kompie lain utk memastikan betulkah EXIF data bisa di edit?

Lha terus carane piye BOL..?

Oke dech akan saya tunjukken…

Neh caranya:

  1. Googling yuk… karena sekali lagi ‘si bijak’ google-lah tempat segala jawaban
  2. pilih kata kunci “download exif modification software” atau “download exif editor software
  3. Trala…. Akan muncul banyak banget software EXIF editor
  4. Lalu download dan praktekkan.. beres….
  5. Dalam hal ini saya memilih software EXIF Farm, praktekkan dan lakukan sendiri BOL
  6. Hasilnya? ya gambar di atas itu

PERHATIKAN informasi Equipment Make dan Camera Model diatas Informasi Creation Software yg diblok diatas….

semoga mencerahkan, silahkan download file gambar yg sdh di edit di bawah ini

7 Responses to “Merubah EXIF? Merubah Metadata? Bisakah?”

  1. Fa Says:

    wah, sampeyan canggih juga Mas (sayang canggihnya nggak digunakan dengan benar) dan sayangnya saya nggak secanggih sampeyan sehingga sampai dg dimuatnya tulisan sampeyan ini saya baru tahu kalau EXIF itu bisa dirubah!

    Btw, setelah saya baca tutorial sampeyan, saya baru tahu klo ternyata sampeyan yg jago manipulasi gambar, dan saya, spt pengakuan saya di homesite saya, tetaplah fotografer amatiran yg belajar PS pun cuman lewat buku tutorial PS utk beginner, klo nggak percaya, silahnya mask ke fotografer.net, cari id N. Afifah, nti kliatan deh oldig saya yg nggak secanggih sampeyan 😀

  2. mbahde Says:

    waw… thank’s bro infonya
    sedot sedot….

    pantes aja ternyata you emang punya skiLL

  3. pakeko Says:

    wah bisa utk tutorial murid2ku neh,
    thank’s ilmu yg seperti ini yg berguna

    tapi jangan terlalu diumbar skillnya,
    ntar ditiru bang Roy 😀

  4. riva fauziah Says:

    Wuih…. asik booo..!

  5. Fa Says:

    berguna? utk manipulasi data-kah?


  6. @ ardifa
    terpaksa postingan harus saya updated…. lihat di atas noh (apakah anda plin plan?)

    Metadata editing? Saya juga baru pertama kali melakukannya berani sumpah atas nama ALLAHU AKBAR Tuhan saya, saya baru pertamakali melakukan editing exif…

    Teori saya tentang software metadata editor sudah saya ketahui sejak awal2 rumor metadata berkembang, sampai2 metadata=roy suryo heeee…. walaupun tentu saja hanya teori belum pernah saya buktikan, sampai sekarang ini….

    Yg jelas semua yg digital pasti bisa dirubah, nggak akan kekaL

  7. hariadhi Says:

    Metadata/EXIF emang ga bisa dipakai buat mengadili keaslian gambar. Dalam hal ini anda benar.

    Tapi anda bisa mencocokkan EXIF dengan pengakuan-pengakuan fotografer. Kalau memang dia bilang cuma mengcrop, pasti sisa Metadata/EXIFnya masih ada. Lain hal kalau udah diretouch habis-habisan dengan banyak layer, atau hasil nyambit dari googling atau internet. Ada kemungkinan Metadata/EXIFnya jadi ilang.

    superdeuthman : sayang sekali retouch sangat brutal sekalipun (sampai 100layer sekalipun) tdk akan merubah metadata, kalo nggak tahu dgn senang hati akan saya ajarin.

    Terakhir fotografi itu seni, bukan ilmu pasti. Naif kalau dijudge dengan angka-angka saja.

    superdeuthman : justru saya menilai dr seni bukan angka BOL


Tinggalkan Balasan

