SMS nipu dari penipu part 2

Juli 11, 2007

Masih Lanjutan u/ faniez sayang (haiyah)

Banyaknya pemalsuan (forging) pengirim (sender) dengan mengganti sender ID menjadi “nama operator” melalui celah pada SMS server (yang seharusnya bisa dikendalikan dan dicegat oleh sistem informasi dioperator ini) sebagian besar dipicu oleh munculnya fasilitas dari Telkomsel seputar SMS bagi2 pulsa (transfer pulsa) tanpa memerlukan registrasi, PIN atau masa tunggu. Pokoke wes hewes hewes terkirim.

Sebenarnya fasilitas yang pertamakali dikenalkan oleh IM3 (seharusnya teknologi ini diajukan oleh IM3 untuk mendapatkan Hak Cipta agar tidak ditiru oleh TelkomseL) merupakan fitur yang berguna bagi pengguna seluler, khususnya pengguna prabayar yang populasinya mencapai 90 % dari total pengguna seluler.

Cuman akhirnya layanan transfer pulsa ini dimanfaatkan pelaku penipuan untuk menguras pulsa dari target dengan operator yang sama-sama telkomsel. Pelaku diperkirakan tidak memiliki banyak kartu (lha wong logikanya pulsa tersebut akan digunakan di Nomor HP tersebut) yang jelas emang ada kemungkinan itu adalah nomor cadangan si pelaku. Motifnya, pelaku menggunakan skenario penipuan dengan memanfaatkan celah yang terbuka dari operator dan 4444 (karena proses registrasi yang mudah diakali, tidak selamanya data di 4444 adalah data yg benar) dan mungkin menjual kembali pulsa tersebut (karena siapa tahu sipenipu adalah penjual pulsa isi ulang) Yang jelas motivasinya adalah memperkaya pribadi dengan tingkat kecanggihannya yang bisa dikatakan cukup standart.

Atau jangan2 pelakunya orang TelkomseL??? Agar pulsa target kembali lagi ke TelkomseL hualah….

Iklan

2 Responses to “SMS nipu dari penipu part 2”

  1. Domba Garut! Says:

    udah dimuat di surat pembaca kompas? 🙂

  2. Fany Says:

    iya sana muat aja di surat pembaca..
    kalo gue kmrn sih gak ngefek kalo suruh kirim2 sms balik, sayang pulsa, mendingan gue buat sms ke pacar kekeke…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: